GALERI FOTO

Dalam memberikan perlindungan dan jaminan terhadap masyarakat Indonesia Pemerintah mempunyai program dalam bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahtraan keluarga yang dituangkan dalam 3 kartu sakti yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

 

Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan jenis kartu atau program yang dimana memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Pemegang kartu KIS dapat menggunakannya di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut. Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini merupakan sebuah nama untuk program jaminan kesehatan SJSN (JKN) yang diperuntukan bagi kalangan masyarakat Indonesia yang tidak mampu dan iurannya dibayar oleh pemerintah.

Baru-baru ini Pemerintah Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan telah melakukan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kota Tanjungpinang yang berjumlah 16.444 jiwa. Kartu ini merupakan penggantian dari kartu BPJS Kesehatan yang sebelumnya telah dimiliki masyarakat miskin/kurang mampu Kota Tanjungpinang yang mana iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Penyerahan kartu ini dilakukan secara bertahap pada masing-masing Kelurahan dan diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang H.Lis Darmansyah, SH. Besar harapan Walikota Tanjungpinang masyarakat miskin/kurang mampu yang ada di Kota Tanjungpinang memanfaatkan kartu ini dengan sebaik-baiknya, tidak hanya digunakan pada saat sakit saja tetapi juga digunakan untuk memeriksa kesehatan secara berkala sehingga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit.

Dalam acara penyerahan kartu KIS ini juga dilaksakan sosialisasi masalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang agar masyarakat mengetahui mengenai Program JKN ini, sehingga masyarakat Kota Tanjungpinang lebih peduli terhadap masalah-masalah kesehatan.

Oleh :

drg. Novi Susanti