Cetak
Kategori: Berita
Dilihat: 281

Musrenbang Tingkat Provinsi Kepri telah dilaksanakan pada hari Rabu sd Kamis, 27 sd 28 Maret 2019 di Hotel CK Tanjungpinang dan kegiatan tersebut dibuka oleh Bp.Gubernur Kepri.

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang mengikuti Sidang Kelompok IV yaitu Bidang Kesehatan dan Sosial Kemasyarakatan pada hari Kamis, tgl 28 Maret 2019 dan Sidang tersebut dipimpin oleh Bp Edy Rofiano (Barenlitbang Prop) dan Bp. Tjetjep Yudiana (Kadiskesprov), dan dihadiri oleh Anggota DPRD Prop Kepri (Teddy Jun Askara, Saptono M), Tokoh Masyarakat Kabupaten / Kota, LSM, Utusan OPD Kabupaten / Kota.

Sidang Kelompok IV Bidang Kesehatan dan Sosial Kemasyarakatan terdiri dari Dinas Kesehatan, RSUD Prov Kepri  Tanjungpinang, RSUD Prov Kepri  Tanjung Uban, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Dinas Sosial.

Pada saat penyajian oleh Kadiskesprov, disampaikan beberapa program dan kegiatan yang menjadi  prioritas di tahun 2020, yaitu : Pemberantasan sarang Nyamuk, Pengendalian Penyakit Tidak Menular, khususnya Kanker, Stroke, DM, Obesitas dan Penyakit Menular, seperti : HIV, TBC dan Malaria.

Sedangkan capaian indikator pembangunan yang menggembirakan, sesuai data Riskesdas 2018 adalah : rendahnya status gizi buruk dan giizi kurang pada balita (13 %), prevalensi diare berdasarkan diagnosis nakes (4,3 %), proporsi rumah tangga dengan ART gangguan jiwa schizophrenia/psikosis (3 %), prevalensi gangguan mental emosional pada usia >15 tahun (5,5 %), proporsi disabilitas umum 18-59 tahun (14 %), kemudahan akses ke rumah sakit (59,3 %), proporsi IMD (66,6 %), dll.

Pada diskusi Musrenbang tahun ini, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengusulkan alat kesehatan untuk puskesmas, sarana penunjang laboratorium,dan mobil operasional fogging.