VISI

Guna mendukung visi Kementerian Kesehatan RI “Masyarakat yang mandiri dan berkeadilan” serta mensukseskan visi Pemerintah Kota Tanjungpinang tahun 2013-2018 yang hendak dicapai dalam tahapan ketiga Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Tanjungpinang “Tanjungpinang yang sejahtera, berakhlak mulia, dan berwawasan lingkungan dengan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel serta melayani” maka Visi Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang yaitu :

“Mewujudkan Masyarakat Kota Tanjungpinang yang Sehat dan Mandiri”. Masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang memiliki kondisi sehat baik jasmani, rohani, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif. Mandiri adalah masyarakat yang sadar, mau, dan mampu mengenali, mencegah dan mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi sehingga bebas dari gangguan akibat bencana, lingkungan dan perilaku yang tidak mendukung untuk hidup sehat.

MISI

Sebagai penjabaran visi Pemerintah Kota Tanjungpinang diatas maka misi pembangunan Kota Tanjungpinang 2013-2018, yang berhubungan dengan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang yaitu “Meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat (modal sosial) dengan menjamin kemudahan akses terhadap fasilitas kesehatan dan pendidikan yang berkualitas”, maka misi yang akan dilaksanakan antara lain :

a. Meningkatkan upaya pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas dengan menjamin kemudahan akses terhadap fasilitas kesehatan;

b. Meningkatkan sumber daya kesehatan baik tenaga, sarana dan prasarana kesehatan;

c. Meningkatkan penanggulangan masalah kesehatan dan penyehatan lingkungan;

d. Menggerakkan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan;

e. Menyelenggarakan manajemen sistem informasi kesehatan;

f. Mengoptimalkan kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan.