Statistik (COVID-19)

      WEB PUSKESMAS

 

  1. Hubungi teman dan keluarga

Meski sulit bertemu secara langsung, kita bisa menghubungi teman dan keluarga melalui panggilan telepon atau video call, hal ini baik untuk dilakukan, karena berbicara kepada orang terdekat dipercaya dapat membantu meringankan stres.

  1. Tanamkan gaya hidup sehat

Beredarnya kasus virus corona (Covid-19) bukan berarti kita hanya berdiam diri di rumah. Justru kita perlu terus mempertahankan gaya hidup sehat, beberapa hal yang bisa dilakukan seperti rutin olahraga, tidur yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, dan tetap melakukan kontak sosial dengan lingkungan sekitar.

  1. Hindari merokok, minum alkohol, atau obat-obatan

Tidak sedikit orang yang memilih rokok, minum alkohol, atau mengonsumsi obat-obatan terlarang untuk mengatasi stres. Padahal hal-hal tersebut justru akan memperburuk keadaan untuk itu, kita bisa membicarakan tentang stres tersebut kepada petugas kesehatan atau konselor. Dengan menerapkan cara ini, selain stres jadi berkurang, kondisi tubuh juga tidak akan mengalami kerusakan atau berdampak pada kesehatan.

  1. Telusuri faktanya

Kini semakin banyak beredarnya hoax tentang kesehatan. Terlebih isu virus corona (Covid-19) yang saat ini jadi perbincangan utama, agar tidak mudah terbawa informasi hoax,World Health Organization menyarankan menyarankan untuk mengumpulkan informasi akurat melalui sumber terpercaya, seperti situs web WHO

  1. Kurangi menonton atau melihat laporan berita yang dianggap menjengkelkan

Untuk mengelola stres, kita bisa melakukannya dengan membatasi menyaksikan berita yang dianggap menjengkelkan seperti broadcast pada aplikasi chatting yang terus menerus menyebarkan berita hoax. Selain menjengkelkan, membaca berita hoax hanya akan membodohi diri sendiri.

  1. Menggambar dan Mewarnai

Gunakan cara-cara yang bisa membantu anda menangani stress seperti menggambar atau mewarnai bahkan saat ini sudah banyak buku mewarnai untuk orang dewasa. Keterampilan ini bisa membantu kita untuk mengelola stres di kala menyebarnya wabah virus corona (Covid-19)