Cetak
Kategori: Berita
Dilihat: 1034


         Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Keberhasilan pembangunan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan
mutu dan daya saing sumber daya manusia Indonesia.

Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam menyelenggarakan upaya kesehatan dasar.

Kesehatan merupakan hak dasar setiap warga dan nilainya sangat besar dalam pembangunan sumber daya manusia. Tanpa kesehatan yang memadai manusia tidak akan mampu berkarya secara optimal. Untuk mewujudkan manusia yang tangguh, sehat dan menjadi manusia yang produktif, kesehatan merupakan modal utama.

Saat ini masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu serta dapat menjawab kebutuhan mereka.  Oleh karena itu untuk memaksimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang, salah satunya dengan membangun infra struktur di bidang kesehatan, baik sarana maupun prasarana kesehatan dengan tujuan untuk meminimalisir kejadian kesakitan dan Kematian Ibu dan Bayi.

            Pada Hari Sabtu tanggal 03 Desember 2016 telah diresmikan Gedung Puskesmas Kampung Bugis yang disejalankan dengan Sosialisasi JKN dan Kegiatan Sunatan Masal oleh Walikota Tanjungpinang merupakan bangunan yang diperuntukkan untuk rawat inap khususnya bagi ibu hamil, ibu melahirkan serta anak balita yang memiliki fasilitas dan kemampuan untuk menanggulangi kasus kegawat daruratan obstetrik dan neonatal 24 jam.

Selain peresmian kegiatan sosialisasi JKN juga dilaksanakan di Puskesmas Kampung Bugis agar akses dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya JKN dapat bertambah sehingga timbul kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta mandiri.

Kegiatan Sunatan Massal telah dilaksanakan sebanyak 72 orang dari 80 orang anak yang direncanakan akan dilakukan sunatan massal. Kegiatan sunatan massal ini selain dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Kampung Bugis itu sendiri juga dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Tanjungpinang dan Puskesmas Seijang.

     

Mudah-mudahan keberadaan Gedung Rawat Inap ini selain dapat mengurangi kejadian kesakitan dan kematian Ibu dan bayi juga dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat terhadap layanan kesehatan

 

 Oleh : Hj. Sri Rosniwati, S.Sos (Kabid Yankes)