SEKAPUR SIRIH


KEPALA DINAS KESEHATAN, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

dr. ELFIANI SANDRI, MPH 

 

Segala Puji dan syukur kita Panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya jualah sehingga Website Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang ini dapat diselesaikan sesuai dengan yang direncanakan.

Baca

      WEB PUSKESMAS

      STATISTIK PENGUNJUNG

271229
Hari Ini
Kemarin
Pekan Ini
Pekan Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
122
123
384
165680
6573
5635
271229

Your IP: 18.207.133.27
2022-06-28 22:00

Pengobatan sendiri atau swamedikasi (self medication) merupakan upaya yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat untuk mengatasi keluhan atau gejala penyakit, sebelum mereka memutuskan untuk mencari pertolongan ke fasilitas pelayanan kesehatan atau tenaga kesehatan. Lebih dari 60% masyarakat mempraktekkan swamedikasi ini, dan lebih dari 80% diantaramereka mengandalkan obat modern.

Apabila dilakukan dengan tepat dan benar, swamedikasi dapat menjadi sumbangan yang besar bagi pemerintah, terutama dalam pemeliharaan kesehatan secara nasional. Namun jika sebaliknya, swamedikasi dapat menyebabkan permasalahan kesehatan akibat kesalahan penggunaan obat yang mengandung zat aktif yang sama secara bersamaan dapat menimbulkan penyakit baru.

Untuk menghindari hal tersebut diatas, maka Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang dianggap perlu memberikan Edukasi Obat untuk tingkat pelajar SMA dan SMK se-Kota Tanjungpinang. Dengan tujuan agar para pelajar lebih aktif dalam mencari informasi mengenai obat yang digunakan oleh pelajar dan khususnya keluarga. Informasi tersebut dapat berguna antara lain agar dapat menggunakan dan mengelola obat di sekolah secara benar.