SEKAPUR SIRIH

Segala Puji dan syukur kita Panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya jualah sehingga Website Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang ini dapat diselesaikan sesuai dengan yang direncanakan.

Baca

      WEB PUSKESMAS

      STATISTIK PENGUNJUNG

171660
Hari Ini
Kemarin
Pekan Ini
Pekan Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
15
82
15
67250
465
5972
171660

Your IP: 3.231.220.225
2020-06-07 01:19

PANTAU TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI KKA

Untuk memantau tumbuh kembang anak balita,  Kelompok Kegiatan (Poktan) Bina Keluarga Balita (BKB) Cempaka Kuning RW VII Kelurahan Bukit Cermin Kecamatan Tanjungpinang kembali memberikan pembinaan kepada anggota, Selasa (07/05).

Pembinaan yang bertempat di Gedung Posyandu Cempaka Kuning RW VII tersebut, berupa pengisian Kartu Kembang Anak  (KKA) sekaligus juga melakukan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) kepada orang tua atau keluarga yang memiliki anak balita.

Proses tumbuh kembang anak meliputi seluruh proses kejadian sejak terjadi pembuahan sampai masa dewasa. Ciri tumbuh kembang yang utama adalah bahwa dalam periode tertentu terdapat masa percepatan dan masa perlambatan, serta laju tumbuh kembang yang berlainan di antara organ tubuh.

Pemantauan perkembangan anak sangat penting, karena dengan pemantauan yang baik dapat dilakukan deteksi dini kelainan pada anak. Perkembangan seorang anak normal atau tidak, dapat diketahui dengan pemeriksaan dan pemantauan yang berkala dan terus menerus oleh tenaga kesehatan (dokter, bidan, perawat, atau tenaga medis yang terlatih di Puskesmas, Penyuluh KB, bahkan kader terlatih dari Posyandu maupun Poktan BKB.

Pada Kartu Kembang Anak atau KKA ini disajikan petunjuk-petunjuk sederhana bagi ibu atau pengasuh dalam menuntun anak untuk memaksimalkan potensi perkembangan anak. Kartu Kembang Anak dapat digunakan untuk memantau perkembangan anak secara bertahap setiap bulan mulai dari 0 sampai 72 bulan (6 tahun), dengan pemantauan yang bertahap dan berkesinambungan maka deteksi gangguan atau penyimpangan perkembangan bisa dilakukan lebih awal dan cepat.

Terdapat 66 tugas perkembangan pada KKA, tugas 1 sampai 36 diberikan setiap bulan, tugas 37 – 66 diberikan setiap tiga bulan. KKA ini diisi oleh kader bersama-sama dengan Penyuluh KB bersama orang tua balita yang menjadi anggota BKB.

KKA diberikan dengan menanyakan tugas-tugas perkembangan sesuai usia anak kepada orang tua maupun kader memberikan instruksi langsung kepada anak maupun meminta orang tua melakukan di depan kader. Isi kotak identitas harus diisi secara lengkap. Isi tanggal pemeriksaan pada tabel usia yang sesuai saat pemeriksaan.

Kader juga harus menemukan tugas perkembangan anak  dengan cara menentukan titik potong antara garis datar yang berada di bawah garis merah. Tugas kader maupun Penyuluh saat pengisian KKA menanyakan kepada orang tua dan atau melihat langsung si anak.

Kegiatan pembinaan Poktan BKB ini diikuti oleh 20 orang tua  atau keluarga balita,  dan turut dihadiri oleh Lurah Bukit Cermin, Nidia Widiastuti Selayar,, SH, MH beserta staf.