Statistik (COVID-19)

      WEB PUSKESMAS

 

Mencuci tangan adalah kegiatan yang umum dilakukan manusia didunia. Tapi membasuh tangan dengan air saja tidak cukup. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan upaya yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit, dengan pertimbangan bahwa sabun mudah diperoleh dan terjangkau. Selain itu , air mengalir dapat diupayakan hampir disetiap rumah tangga. Supaya efektif, perilaku CTPS juga perlu dilakukan dengan benar.

              CTPS yang benar adalah dengan memakai sabun dan air mengalir. Alasan dibaliknya adalah bahwa sabun terdiri dari rantai karbon hidrofobik yang melekat pada kuman di tangan yang disabuni dan membentuk molekul yang sangat halus. Ketika tangan dibilas air, sabun menggelontorkan molekul tersebut bersama kuman dan air bilasan. Dengan mekanisme inilah sabun mampu memutus rantai penyebaran kuman penyebab penyakit menular.

              Tangan kita merupakan bagian tubuh yang paling aktif digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali tidak disadari betapa banyak benda yang disentuh selama kurun waktu 1 jam saja. Terlebih lagi, ukuran kuman-kuman yang mungkin tersentuh oleh tangan sangat kecil dan tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Oleh sebab itu, perilaku CTPS, sangat disarankan. Lima waktu terpenting untuk cuci tangan pakai sabun yaitu :

  1. Sesudah ke WC atau Buang Air Besar
  2. Sebelum makan
  3. Sebelum menyusui bayi atau menyuapi bayi/anak
  4. Sesudah menceboki bayi /anak
  5. Sesudah memegang binatang/ternak

Tetapi, selain waktu terpenting diatas, CTPS dapat dianjurkan pada waktu lainnya, misalnya pada lingkungan sekolah :

  1. Sebelum makan/jajan di kantin
  2. Setelah bermain di tanah/lumpur
  3. Setelah bersin /batuk
  4. Setelah mengeluarkan ingus
  5. Setelah menggambar
  6. Setelah menggunakan cat/crayon
  7. Dan waktu lainnya saat tangan kita kotor atau bau

Apabila ada anggota keluarga yang sakit, CTPS dengan frekuensi yang lebih tinggi sangat dianjurkan.

              Terdapat 7 langkah mencuci tangan pakai sabun dengan benar. Pengertian cuci tangan 7 langkah adalah tata cara lengkap mencuci membersihkan jari-jari, telapak serta punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit mekai sabun dan air mengalir.

              Melihat pentingnya cuci tangan pakai sabun, dirasa perlu menggerakkan kegiatan ini terutama kepada anak-anak tingkat sekolah dasar agar terbiasa mencuci tangan pakai sabun dalam kesehariannya.                     

              Oleh karena itu Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tajungpinang melaksanakan Kegiatan lomba cuci tangan pakai sabun melalui tari kreasi antar sekolah dasar se-Kota Tanjungpinang pada tanggal 4 November 2019 di gedung Aisyah Sulaiman

              Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan kemauan anak-anak terutama bagi tingkat sekolah dasar agar mereka terbiasa mencuci tangan pakai sabun supaya kesehatan akan tetap terjaga.

Nama- nama Pemenang dari Kegiatan lomba cuci tangan pakai sabun melalui tari kreasi antar sekolah dasar se-Kota Tanjungpinang Tahun 2019 adalah :

  1. Juara I : SDN 001 TPI Timur
  2. Juara II : SDN 005 TPI Kota
  3. Juara III : SDN 004 TPI Kota
  4. Juara Harapan : SDN 002 TPI Kota

Penyerahan Hadiah Uang dan Tropy serta bingkisan akan diberikan pada Acara Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 pada tanggal 16 November 2019 di Terminal Sei Carang Kota Tanjungpinang.