SEKAPUR SIRIH

Segala Puji dan syukur kita Panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya jualah sehingga Website Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang ini dapat diselesaikan sesuai dengan yang direncanakan.

Baca

      WEB PUSKESMAS

      STATISTIK PENGUNJUNG

178970
Hari Ini
Kemarin
Pekan Ini
Pekan Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
20
32
20
74662
1727
1968
178970

Your IP: 3.226.248.180
2020-09-27 11:41

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang berfungsi untuk perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh, seperti mata, kulit, organ reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dapat ditemukan dalam berbagai makanan, seperti hati sapi, susu, keju, yoghurt, telur, buah mangga, sayur bayam dan wortel, serta minyak ikan.

Apa saja manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh?

Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal yakni berkat kemampuannya untuk menjaga fungsi penglihatan Anda. Vitamin A disini memiliki tugas penting untuk mengubah cahaya yang ditangkap oleh mata menjadi impuls listrik untuk dihantarkan langsung ke otak.

Jika tubuh kekurangan vitamin A, Anda mungkin mengalami rabun senja sebagai bentuk gejala awal. Ini terjadi karena retina mata, yang seharusnya menangkap cahaya datang, kekurangan bahan penyusunnya berupa rhodopsin. Vitamin A adalah komponen utama penghasil pigmen rhodopsin.

Tak heran, banyak orang dengan rabun senja yang sulit untuk melihat secara jelas di malam hari akibat penurunan fungsi retina. Selain mencegah rabun senja, memenuhi kebutuhan vitamin A yang merupakan sumber beta karoten dapat membantu memperlambat penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia.

Mudah jatuh sakit disela-sela kesibukan yang padat? Mungkin Anda kekurangan vitamin A. Pasalnya, vitamin A ternyata punya peran penting dalam menjaga pertahanan alami tubuh Anda. Meliputi mengoptimalkan fungsi paru, usus, serta organ tubuh lainnya dari serangan bakteri penyebab infeksi.Vitamin A juga terlibat langsung dalam produksi dan kerja sel darah putih, guna membantu menyerang patogen asing yang masuk ke dalam tubuh

 

Untuk mencegah kekurangan vitamin A pada balita dan ibu baru melahirkan (masa nifas), Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melakukan program pemberian vitamin A melalui posyandu.

Vitamin A diberikan secara gratis pada bulan FebRuari dan Agustus setiap tahunnya. Terdapat 2 macam kapsul yang diberikan, yaitu kapsul biru untuk bayi usia 6-11 bulan, serta kapsul merah untuk anak usia 1-5 tahun dan ibu yang baru melahirkan.

Oleh Sebab itu pastikan untuk membawa anak usia 1-5 tahun mendapatkan Vitamin A serta pemeriksaan tumbuh kembang anak di Posyandu terdekat.