Statistik (COVID-19)

      WEB PUSKESMAS

 

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator pembangunan kesehatan dalam RPJMN dan SDGs. Untuk menekan AKI, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang memprioritaskan kegiatan penyuluhan perawatan secara berkala dan yoga bagi ibu hamil Kota Tanjungpinang tahun 2020.

Kegiatan penyuluhan melalui penyampaian materi, tanya jawab dan diskusi serta senam yoga. Narasumber yang ikut berpartisipasi yaitu dokter spesialis kebidanan (dr. Abdul Basid Baki, SpOG) materi yang disampaikan yaitu tentang tanda bahaya kehamilan. Dokter spesialis anak (dr. Dwi Fachri, SpA) mengenai stunting, dan kegiatan ditutup dengan senam ibu hamil, instruktur senam dari prenatal gentle yoga Tanjungpinang.

Peningkatan pengetahuan dilakukan dengan cara menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan sehingga ibu hamil tidak saja sadar, tahu dan mengerti tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan.

Diharapkan setelah kegiatan ini, dapat meningkatkan derajat kesehatan ibu melalui meningkatnya pengetahuan, kemampuan dan kepedulian ibu hamil terkait kehamilannya. Berubahnya sikap dan perilaku ibu hamil ke arah yang lebih baik.